Laman

Rabu, 18 Juni 2014

Pengalaman dan Tips-Trik Mengikuti Tes TPA / PAPs (Potensi Akademik Pascasarjana) UGM

Assalamu'alaykum wr wb

sumber : tesaceptugm.wordpress.com
Sekitar dua bulan lalu, tepatnya pada tanggal 10 April 2014 saya berangkat ke Yogyakarta dari Bandung untuk melaksanakan sebuah tes potensi akademik yaitu TPA di UGM untuk memenuhi persyaratan memasuki jenjang pascasarjana UGM. Di UGM, tes TPA  dikelola oleh fakultas psikologi dan dinamakan PAPs yang berarti Tes Potensi Akademik Pascasarjana. Memang, sebagian besar yang mengikuti tes potensi akademik di UGM adalah mereka yang berminat untuk melanjutkan pendidikan di tingkat pascasarjana baik S2 maupun S3. 

Pada tahun 2014 ini, skor PAPs yang harus dikejar untuk masuk ke UGM adalah 450 atau 500 (tergantung prodi) untuk S2 maupun S3. Nah, kalau prodi Kajian Budaya dan Media di sekolah pascasarjana sendiri mensyaratkan 500 untuk PAPs. :) 

Bagaimana cara pendaftarannya?

Secara lengkap, informasi mengenai PAPs termasuk prosedur pendaftaran dapat dilihat di link berikut :

Nah, berikut saya ambil prosedur tes PAPs dari link di atas :


  Prosedur untuk mengikuti tes ini adalah sebagai berikut:

  1. Calon peserta membayar biaya tes, sebesar Rp 125.000,00 untuk setiap tes yang diikuti, melalui BNI secara host to host dengan menyebutkan kode pembayaran: 4040 diikuti tanggal lahir  dengan format ddmmyyyy.
  2. Biaya pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak bisa dikembalikan (non refundable) dan tidak bisa dialihkan.
  3. Calon peserta mendaftarkan diri secara online melalui pendaftaran PAPs online
  4. Log in masyarakat umum adalah tanggal lahir dengan format ddmmyyyy.
  5. Password dapat dilihat di slip bukti pembayaran.
  6. Peserta mengikuti tes sesuai dengan jadwal yang diperolehnya.
  7. Peserta wajib membawa pensil 2B, karet penghapus dan kartu identitas yang masih berlaku (KTP/KTM/Paspor) untuk keperluan identifikasi pada saat tes.
  8. Peserta mengambil sertifikat di Fakultas Psikologi UGM, 2 minggu setelah pelaksanaan tes dan maksimal 3 bulan setelah sertifikat dikeluarkan.
  9. Ket : format tanggal lahir ddmmyyyy = tanggal (2 digit) bulan (2 digit) tahun (4digit) misal tanggal lahir 31 januari 1990 formatnya 31011990
  10. Sertifikat hasil tes PAPs yang tidak diambil lebih dari 3 bulan akan dihancurkan.
 
 Pengalaman saya mengikuti tes 

 
sumber : jakarta.law.ugm.ac.id
Saya senang mengikuti tes di UGM karena UGM sangatlah tertib dan disiplin. Menurut jadwal, saya harus tes pada tanggal 10 April 2014 pada pukul 08.00 WIB, namun saya harus sudah sampai di lokasi tes 30 menit sebelumnya, yaitu sekitar pukul 07.30 WIB. Tepat pada pukul 07.30 ada tiga orang pengawas yang masuk ke dalam ruangan dan tidak terlambat sedikitpun. Para peserta tes dipersilakan untuk ke kamar mandi sebelum tes dimulai dan tidak diperbolehkan untuk pergi ke toilet ketika ujian berlangsung. 
Selanjutnya, kami dibagikan lembar jawaban dan kami harus mengisikan data pribadi seperti nama, tanggal lahir, dll dengan menghitamkan pada lembar jawaban. Setelah selesai mengisi lembar jawaban kami pun diberikan naskah soal yang tidak boleh kami buka sebelum petugas memberi instruksi pada kami. Ketika jam telah menunjukkan pukul 08.00 tepat, kami dipersilakan untuk mengerjakan soal pada bagian yang diperintahkan saja dan tidak boleh membuka serta mengerjakan bagian yang lainnya walaupun telah selesai. 

Test PAPs terdiri dari beberapa bagian, yaitu ada sinonim, antonim, pemahaman wacana, logika matematika, matematika dasar dan terakhir bangun ruang. Menurut saya, teman-teman tidak perlu takut untuk tes PAPs karena semua soalnya 'normal' kesulitannya hehe. Kalau bagi saya, bangun ruang dan tes verbal yang agak sulit karena saya lupa rumus-rumus bangun ruang. Dulu, waktu saya tes ada soal jajar genjang, prisma, limas kalau ga salah. Tetapi, karena udah ga pernah berlajar matematika saya jadi lupa rumusnya apa -____-. Nanti kalau mau tes, baca-baca dulu ya.

Sebelum mengikuti tes, saya cuma belajar ala kadarnya, dan saya kebanyakan latihan soal saja ga baca-baca teori. Kalau untuk bahan-bahan, saya pakai tes tpa yang biasa dipakai SNMPTN, STAN, dan buku psikotes TBS CPNS karya pak Nano Sunartyo. Yah, lumayan untuk nambah latihan soal, walaupun UGM tetap lebih sulit dan ada jenis soal yang tidak ada di TPA lainnya.

Untuk contoh soal, saya dapat dari blog mba ades yang isinya contoh soal PAPs UGM. Seperti ini isinya :

Tes PAPs terdiri atas 3 sub tes; yaitu sub tes VERBAL, sub tes KUANTITATIF dan sub tes  PENALARAN. Total soal ada 120 butir dan waktu yang disediakan adalah 120 menit.

1. SUB TES VERBAL

Jumlah soal: 40 soal
Waktu: 20 menit
Materi: Padanan Kata, Lawan Kata, Analogi, Pemahaman Wacana.
Berikut adalah uraian materinya:
  • Padanan Kata (12 soal, 4 menit)
Contoh soal:
VOTUM
(A) suara
(B) kuasa
(C) tegangan
(D) putusan
(E) dukungan
  • Lawan Kata (12 soal, 4 menit)
Contoh soal:
GUREM
(A) berat
(B) terang
(C) prioritas
(D) unggulan
(E) cemerlang
  • Analogi (10 soal, 4 menit)
Contoh soal:
BERUANG : kutub ::
(A) HIU : putih
(B) SEMUT : api
(C) SINGA : afrika
(D) IKAN : duyung
(E) KEPITING : rebus
  • Pemahaman Wacana (6 soal, 8 menit)
Ini merupakan bacaan pendek sederhana (meskipun perlu pemahaman jeli) yang kebanyakan diambil dari surat kabar harian, situs berita dan juga novel seperti RADAR JOGJA, KORAN TEMPO, KOMPAS.COM dan CERPEN INDONESIA KLASIK. Ada dua bacaan yang masing-masing diikuti 3 pertanyaan.

2. SUB TES KUANTITATIF

Jumlah soal: 40 soal
Waktu: 40 menit
Materi: Deretan Angka, Aritmatika, Konsep Aljabar, Perbandingan Kuantitatif.
Berikut adalah uraian materinya:
  • Deretan Angka (10 soal, 10 menit)
  • Aritmatika (10 soal, 10 menit)
  • Konsep Aljabar (10 soal, 10 menit)
  • Perbandingan Kuantitatif (10 soal, 10 menit)

3. SUB TES PENALARAN

Jumlah soal: 40 soal
Waktu: 40 menit
Materi: Logis, Diagram, Analitis, Serial, Klasifikasi.
Berikut adalah uraian materinya:
  • Logis (8 soal, 8 menit)
  • Diagram (8 soal, 8 menit)
Soal PAPs yang berupa lingkaran-lingkaran ini menggambarkan hubungan dari tiga buah obyek. Karena contoh-contoh soal ini sangat mirip dengan soal PAPs UGM yang sebenarnya maka kami tidak menyertakan kunci jawaban agar tidak dianggap membocorkan soal PAPs UGM.
contoh soal PAPs UGM no 89

.
contoh soal PAPs UGM no 90

.
contoh soal PAPs UGM no 91
.
contoh soal PAPs UGM no 92
.
contoh soal PAPs UGM no 93
.
contoh soal PAPs UGM no 94
.
contoh soal PAPs UGM no 95
.
contoh soal PAPs UGM no 96
.
.
  • Analitis (8 soal, 8 menit)
  • Serial (8 soal, 8 menit)
  • Klasifikasi (8 soal, 8 menit)

ini file downloadnya...

http://www.4shared.com/office/v3ggYnzR/latihan-tpa-snmptn-2011.html
http://www.4shared.com/office/W0xlSF6j/latihan-tpa-snmptn-2012-kode-0.html
http://www.4shared.com/office/YwY6SX1P/latihan-tpa-snmptn-2012-kode-0.html
http://www.4shared.com/office/DGUAoSDs/soal-tpa-snmptn-2009-kode-192.html
http://www.4shared.com/office/tsJTXBcl/soal-tpa-snmptn-2009-kode-392.html
http://www.4shared.com/office/BU6gBSOv/soal-tpa-snmptn-2009-kode-394.html

nah, di blog mba ades juga ada contoh soal-soal TPA snmptn yang bisa membantu temen-temen yang mau ikut ya. Bisa langsung kunjungi blognya ya. Menurut saya yang telah tes PAPs UGM, ya ga jauh dari sana gambaran soalnya dan yang berbeda dari soal TPA lainnya adalah di PAPs UGM ada soal seperti buletan-buletan gitu macam diagram venn. Duh, emang bikin bingung sih hehe :)

Hasil tes PAPs saya

Akhirnya, setelah saya pergi dari bandung ke yogya untuk tes PAPs yang pertama kalinya...saya alhamdulillah LULUS memenuhi syarat untuk melanjutkan S2 di UGM. Skor saya adalah 578. Walaupun tidak besar, tapi alhamdulillah...perjuangan dari Bandung ke Yogya yang luar biasa jauhnya bisa terbayar. :)

Sertifikat dari tes PAPs akan keluar sekitar dua minggu, jangan lupa langsung legalisir kalau mau untuk syarat pendaftaran S2 ya. Nih, saya kasih lihat contoh dari sertifikatnya yaa...




Itu dia adalah gambar sertifikat PAPs yang sudah di legalisir. Wah, nilai saya tiap sesi hampir imbang hehehe..


Saran dan tips dalam Menghadapi Tes PAPs

Nah, saya khusus untuk sahabat semua saya kasih saran dan tips untuk menghadapi tes PAPs UGM
1. Jangan lupa berdoa sebelum tes, terutama minta doa ibu :)
2. jangan lupa makan dan minum sebelum tes. Saya sebenernya sudah makan sebelum tes, tapi tetap saja keroncongan perutnya waktu tes. Kalau bunyi waktu tes kan malu hihi :)
3. Tidur cukup dan jangan begadang ya sahabat...
4. Bawa pensil 2B faber castel yang diserut kedua ujungnya dalam satu pensil, itu ngebantu loh..
5. Bawa juga pensil cadangan dan juga serutannya untuk jaga2 kalau patah ketika tes.
6. Kalau saya waktu tes bawa papan dada, itu membantu untuk simpan lembar jawaban dan jadi lebih mudah
7. Belajar minimal satu bulan sebelumnya ya..dan mulai mengasah sesi yang paling lemah menurut sahabat. Belajar dari tes TPA SNMPTN juga udah cukup ko :) Di UGM juga ada yang jual buku soal-soal PAPs, waktu bulan juni ke yogya harganya 180.000 ...WOW mahal juga ya, dan fotokopian :(


Nah, demikian pengalaman saya ikut tes PAPs UGM. Semoga teman-teman yang berencana ikut, bisa langsung lulus ya dalam satu kali tes saja..soalnya uangnya sayang kalau terus-terusan tes, lumayan RP.125.000 bisa beli bakmi kadin di dekat bintaran yogya, masih sisa lagi hehehe.. see u :)

Wassalamu'alaykum wr wb

66 komentar:

  1. Do'akan saya segera menyusul yaa.. ^_^

    BalasHapus
  2. infonya bermanfaat sekali, kalo tempat khusus persiapan tes TPA di UGM ada ga ya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tempat khusus saya kurang tahu, cuma kalau untuk Acept atau kursus bahasa inggris, di jogja ada, tapi yang mengadakan dari orang luar UGM. Kalau TPA, menurut saya relatif sama dengan yang lain tingkat kesulitannya.

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Mbak yg jual buku soal-soal PAPs di jogja sebelah mananya yaa ? mks

    BalasHapus
  5. adanya di pusat bahasa UGM, ada bapak-bapak yang jual di luar gedung biasanya mbak dian.

    BalasHapus
  6. makasih mbk infonyaa, IngsaAllah awal bulan mei saya mau tes PAPs,,
    semoga diberi kemudahan daan mendapat score di atas 500

    BalasHapus
  7. Assalamu'alaikum... Wuahhh... sulit nih kayaknya... Punya buku rekomendasi yang bisa dipelajari mb?

    BalasHapus
  8. wa'alaykumussalam wr wb. Mas yusuf As'ari, insya Allah gak sulit asal belajar dan sering latihan ko :). Buku buat SNMPTN aja mas, TPA nya bisa membantu.

    mas Rizki Nugraha, ya sama-sama mas. Semoga diberi kemudahan.

    BalasHapus
  9. Assalamu'alaikum w.w.?
    Mbak Yul kemarin ketika datar s2 di sana disyaratkan menyusun proposal tesis tidak?
    bagi-bagi dong pengalaman pendaftarannya jugaa.
    Insya Allah saya nyusul tahun ini. hehehe
    trimakasih untuk info di atas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaykumussalam wr wb
      kalau saya di kajian budaya dan media tidak disyaratkan mba, tetapi kalau mau buat boleh untuk menunjang penilaian :)

      sama-sama mba. Semoga bisa menyusul secepatnya ke UGM.

      Hapus
  10. Mbak yuli Jadi total soal PAPs 120 soal dengan batas waktu 120 menit... beda dengan bappenas yang 250 soal ya... trims atas penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya begitu mas, saya kurang tau kalau yang bappenas :)

      Hapus
  11. Assalamualaikum, salam kenal mba Yul, saya Ayu..mba, boleh berbagi info ngga? saya tahun ini juga berencana untuk mengikuti um ugm, dan telah mengikuti tes PAPs dan AcEPT, yang saya ingin tanyakan, saya masih bingung, mba, saat daftar online, dokumen sertifikat PAPs dan AcEPT yg harus di upload yg mana? apakah scan sertifikatnya atau scan legalisir sertifikatnya? mohon bantuannya, mba, agar saya tidak bingung lagi, terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wlkmslm wr wb. Salam kenal mba Dyah. Yang diupload itu yang asli mba :)

      Hapus
  12. poin 6 untuk Saran dan tips dalam Menghadapi Tes PAPs, ga sesue mba yuli,,, wkt tes ga dibolehin bawa/pke papan dada trs ga boleh pke jam tangan jg,,, entah apa alasanya sy sdr tidak tau

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh begitu ya mas, ketika saya tes boleh pakai papan dada dan jam tangan. Mungkin sekarang aturannya diperketat. Terimakasih infonya.

      Hapus
  13. Sebelum kenal di dunia nyata, aku pernah baca artikelmu ini teh. Kalau tidak salah sekitar bulan Juni, atau tepatnya waktu pendaftaran S2 KBM mulai dibuka. Coba aku search artikel dg keyword "tips² PAPs maupun Acept", eh muncul artikel ini. Dan sekarang malah ketemu penulisnya langsung..hwehehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaaah, berarti sudah kenal di dunia siber ya. Alhamdulillah, KBM mempertemukan kalau gitu Bas. :D Semoga tes nya sukses buat PAPs nya...:)

      Hapus
  14. Assalamualaikum, mbak mau tanya
    kalo ngerjain soal PAPs misalnya salah dapat mengurangi nilai gak ya?
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaykumussalam wr wb. Setau saya tidak mengurangi nilai mas.

      Hapus
  15. Wlkmslm wr wb. Setahu saya tidak mas

    BalasHapus
  16. maaf, apakah saya bisa transfer uang pembayarannya lewa atm lain? apakah harus bni?

    BalasHapus
  17. http://efac.co.id/index.php/news_detail/paps_ugm

    BalasHapus
  18. saya kesulitan sekali waktu soal-2 bhs inggrisnya punya tip?

    BalasHapus
    Balasan
    1. soal accept maksudnya? berlatih dari buku TOEFL bisa membantu mas.

      Hapus
  19. insya allah menyusul ....terimakasih infonya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya..semoga dimudahkan mas. sama-sama semoga bermanfaat infonya.

      Hapus
  20. mbak kl cara menjawab soal logika 3 objek gimana ? mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. soal logika 3 objek itu ya kalau saya pake feeling, tapi lihat irisan-irisannya saja :D

      Hapus
  21. Kak untuk pendaftaran s2 harus melalui onine atau bisa daftar ke kampus langsung. . .trus biasanya pendaftaran dibuka bulan brp, mkasih kaka

    BalasHapus
  22. Kak untuk pendaftaran s2 harus melalui onine atau bisa daftar ke kampus langsung. . .trus biasanya pendaftaran dibuka bulan brp, mkasih kaka

    BalasHapus
    Balasan
    1. pendaftaran bisa online dan langsung kalau mau ke jurusan masing-masing. pendaftaran bisa disemester ganjil dan genap tergantung jurusannya. kalau semester ganjil, juni udah buka. kalau genap sekitar januari awal ya klo gak salah

      Hapus
    2. itu jadwalnya berlaku untuk semua jurusan y kak, ?

      Hapus
  23. Doain saya juga ya...sukses berkah selalu aamiin...

    BalasHapus
  24. bukunya beli dimana ya mba? boleh tau? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. di gramedia mbak klo gak salah duku belinya :) atau kalau saya di bandung book centre dulu

      Hapus
  25. Sy tanggl 11 s.d 12 mau test belum ada tmn nih buat di jogja kali aja ada yg mau bareng yuk samaan. Smoga bisa lulus , tq tipsx mbk yul doain bs ikut nyusul kuliah di kampus bergensi .aminnn yg mau join bs contak di 081238171879

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiiin. Semoga tembus ya ibu dan bisa kuliah di UGM. Sukses ujiannya ^^

      Hapus
    2. Alhamdulillah akhirnya bisa kuliah Pascasarjana​ di UGM , yg minat buku paps n Acept sy ada dpt Dr tmpt kursus

      Hapus
  26. Bu,kunci soap yg di post Ada?

    BalasHapus
  27. Bu,kunci soap yg di post Ada?

    BalasHapus
  28. sore, apa kira2 sekarang masih ada ya yg jual buku di luar gedung bahasa ? makasih

    BalasHapus
  29. Awak besok mau tes Paps buat masuk pascasarjana UGM, Minta do'anya aja lah kak yaa. Semoga lancar gitu. Amiiin

    BalasHapus
  30. Teh, sharing tentang kuliah di KBM dan beasiswa Pasca UGM nya dong? In shaa Allah saya mau daftar tahun ini. Oiya sebaiknya daftar beasiswanya dulu atau kuliahnya dulu teh? terus buka beasiswanya bulan apa Teh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. beasiswa pasca kayanya dah saya share mbak hehe. Daftar kuliahnya dulu, baru beasiswanya. Ini udah buka ko beasiswanya. Duh maaf baru lihat blog nih :)

      Hapus
  31. Semoga tahun ini lolos UGM jugaa ,,,,,

    BalasHapus
  32. Aamiin ya Rabb. Semoga tercapai cita-citanya. Ditunggu di UGM 😊

    BalasHapus
  33. mba, selain tpa dan acept, haruskah lulus tes subtansi untuk masuk pascaaarjana ugm?

    BalasHapus
  34. iya, betul mas, harus lulus tes substansi

    BalasHapus
  35. Mbak, untuk masuk KBM d UGM apa ada tes tulis atau wawancara jg? (Selain ikut TPA dan ACEPT)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau zaman saya gak ada tes tulis dan wawancara

      Hapus
  36. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  37. Bismillah. Otw bank BNI untyk ke 2x nya tes paps ugm. Doa'kan bisa mengikuti langkah kesuksesannya.

    BalasHapus